VISIONARE

Blog

How To Be a Successful Stylist According to Celebrity Image Makers

Profesi yang semakin populer saat ini adalah menjadi fashion stylist. Jika kamu berpikir bahwa menjadi fashion stylist adalah pekerjaan yang mudah dan simple, kamu salah. Kamu harus memahami ilmu luar dalam mengenai bisnis dan juga segala teknik fashion yang ada. Basically, you need to live and breathe the fashion world. Kami mengumpulkan beberapa saran dari nama-nama besar di dunia styling Hollywood. Semoga mereka bisa menginspirasi untuk berani mengikuti kata hati kamu!

1. Ambil kesempatan magang sebanyak mungkin 

Basia Richard (stylist Selena Gomez): “Banyak pekerja industri ini mendapat proyek karena rekomendasi. Kamu bisa menjadi intern untuk stylist lainnya, atau jadi asisten mereka. Kuncinya adalah untuk membangun hubungan dengan stylist lain agar mereka bisa merekomendasikan kamu. Pengalaman magang akan mengajar kamu bagaimana memulai pekerjaan dan menyelesaikannya, dan cara untuk mulai membuat lookbook atau portfolio.”

2. Anda harus mampu bekerja sesuai jadwal klien

Micaela Erlanger
 (stylist Lupita Nyong’O dan Michelle Dockery): “Pekerjaan ini menghabiskan waktu 24 jam seminggu! Kamu bisa saja punya klien sedang melakukan tur pers di Asia sewaktu kamu berada di New York, jadi kamu harus terbiasa menyesuaikan jadwal bekerjamu dengan jadwal orang lain. Lupakan jadwal sendiri, sudah pasti tak terpakai.”

3. Menjadi stylist selebriti artinya menjadi anggota tim

Micaela: “Ada banyak politik di balik keputusan baju yang dipakai. Pacarnya memberi saran, ibunya memberi saran, publisisnya juga begitu. Pada akhirnya ini soal berkolaborasi dengan klien.”

4. Hormati setiap orang dan jaga reputasi kamu

Tara Swennen
(stylist Kristen Stewart, Julie Bowen): “Memang ada sisi politik di bisnis ini, tapi kalau kamu mengatasinya dengan integritas, kamu bisa melangkah jauh. Saya memakai resume mungkin cuma dua kali dalam 15 tahun terakhir; networking dan hubungan-hubungan dengan klien adalah sumber yang memberikan saya pekerjaan.”

5. Pelajari tentang kain, konstruksi bahan, dan fitting

Matthew Henson (stylist A$AP Rocky dan fashion editor majalah Complex): “Bandingkan kualitas celana dan baju yang kamu miliki dengan pakaian yang lebih mahal dan perhatikan perbedaan soal cutting dan desain. Coba lihat bagian dalam pakaian-pakaian itu untuk melihat bagaimana mereka dibuat. Semakin banyak kamu mengenali pakaian dari desainer-desainer berbeda, kamu akan bisa membedakan Balmain dan Balenciaga tanpa melihat label-nya.”

6. Pelajari market fashion

Jason Rembert (stylist Rita Ora): “Mempelajari market fashion sangat berguna di industri ini. Kamu harus tahu kontak pers untuk Prada, atau siapa yang membuat boots paling keren musim ini – mengenali market adalah investasi berharga untuk aspiring stylists dan ini sangat penting supaya kita bisa tetap relevan.”

7. Menghadiri event fashion dan fashion show

Matthew: “Ini memberi kamu kesempatan untuk mengamati kain secara dekat dan melihat bagaimana mereka bergerak di tubuh. Dan tentu saja menghadiri event adalah cara yang bagus untuk menunjukkan profil kamu, networking, dan dikelilingi para profesional.”

8. Siap untuk bekerja keras

Basia: “Hari-hari saya adalah berlari mengelilingi kota untuk mempersiapkan event red carpet, tur pers, atau foto majalah, dan di saat bersamaan membawa baju-baju seleb dan aksesorisnya. Biasanya saya bekerja dari pagi sampai tengah malam - kamu harus siap kerja keras untuk mendapatkan uang dan juga siap menghadapi kejadian tak terduga. Saya juga sarankan untuk selalu memakai sepatu yang nyaman.”