VISIONARE

Blog

A Look Back at one of Didi Budiardjo's Most Memorable Shows

Melalui satu fitur baru berjudul #TheArchive, bulan ini VISIONARE mengangkat salah satu desainer kenamaan Indonesia, Didi Budiardjo, yang sudah berkarya lebih dari 25 tahun. Kami melihat kembali perjalanan karier Didi Budiardjo melalui salah satu fashion show Didi paling memorable pada tahun 2014 bertemakan "Curiosity Cabinet".

Dramatis dan penuh fantasi adalah kata-kata yang tercetus di kepala kami saat pertama kali menghadiri rangkaian pagelaran mode Didi Budiardjo pada Oktober 2014 lalu. “Curiosity Cabinet” yang merupakan sebuah pagelaran busana berskala sekaligus menandakan 25 tahun eksistensi Didi di industri mode tanah air. Imajinasi Didi dalam “Curiosity Cabinet” terbagi dalam 3 tema besar yang mewakili nuansa oriental (Dragon’s Empire), mitologi laut (Mermaid’s Treasure), dan taman bunga imajinatif (Bucolic Garden) yang masing-masing mewakili memori dan kenangan sang desainer yang kemudian diterjemahkan menjadi 56 jenis dress dengan detail memukau.

Tema pertama yaitu “Dragon’s Empire” begitu lekat dengan nuansa oriental. Disini, berbagai gaun yang diperlihatkan merupakan inspirasi dari adat negara timur seperti India, Jepang, Cina, dan Indonesia. Dress dan gaun cheongsam, kimono, hingga kain songket pun turut dipamerkan. Selanjutnya lepas dari nuansa oriental, Didi memperlihatkan beragam dress yang terinspirasi dari benda-benda yang hidup di laut dalam tema “Mermaid’s Treasure”. Gaun dengan detail metal emas contohnya mengingatkan kami akan daya tarik seorang putri duyung yang dapat dikatakan mystifying. Dalam tema terakhir yaitu “Bucolic Garden”, seluruh pengunjung termasuk kami diajak untuk memasuki taman bunga imajinatif sang desainer. Gaun-gaun berpotongan A-line dengan detil bordir bunga, peplum, dan lengan asimetris berwarna pastel memeriahkan pagelaran busana ini. Seluruh karya Didi pun tampil stunning dengan dukungan headpiece dan anting dari desainer aksesori Rinaldy Yunardi.

Berlangsung selama kurang lebih 20 menit, kami rasa “Curiosity Cabinet” pantas disebut sebagai salah satu pagelaran busana paling imajinatif yang pernah hadir di kancah mode Indonesia. Watch the videos and take a look at one of the most extravagant shows by Didi Budiardjo.