VISIONARE

Blog

Fashion Films: Beyond the Viewfinder

by Narya Abhimata
(Article is in Indonesian)

Fashion film melepas belenggu dari fotografi konvensional dan membuat fashion itu sendiri bergerak dengan bebas. Walaupun sudah pasti kita bisa menangkap ekspresi dan gerakan di dalam sebuah foto, kini dengan berkembangnya teknologi kita bisa melihatnya bergerak dan kita pun bisa bereksperimen dengan hal ini dengan berbagai macam cara yang bisa dibayangkan.

Fashion film yang dibintangi supermodel Kate Moss, direkam hanya menggunakan kamera CCTV & Handycam 90an.

Kini kita bisa berkomunikasi melalui suara dan music beriringan dengan gambar, membuka kemungkinan yang tak terbatas dalam identitas fashion yang kita buat. Banyak sekali tema yang bisa kita angkat dalam pembuatan sebuah fashion film, bisa condong ke arah realism dan documentary atau lebih ke surrealism dan arthouse, semua tergantung imajinasi. 

Fashion film ber-genre arthouse yang hanya menggunakan printouts foto yang dibakar. Disutradarai oleh pionir fashion film Nick Knight.

Fashion film dengan narasi ringan yang disuntik dengan isu sosial masa kini.

Definisi fashion film sendiri masih dibentuk, jadi semua tergantungpada kita untuk membentuknya sesuai yang kita inginkan. Kunci dari kesuksesan sebuah fashion film adalah mendorong diri sendiri untuk melakukan banyak eksperimen, inovasi dan implementasi menggunakan semua hal yang ada di sekitarmu, lihatlah beyond the viewfinder kameramu, seize every little moments as possible, jangan pernah merasa terhalangi oleh pakem atau norma yang sudah ada. Inilah yang membedakan seorang image-maker dari sekedar fotografer atau videografer.

Fashion film semi-dokumenter tentang seluk-beluk industri fashion saat ini.

Industri fashion kini sudah mulai lebih demanding terhadap para image-makers. Jika dulu klien hanya meminta hasil foto, kini dengan tenggat waktu yang sama juga menginginkan fashion film, dokumentasi behind the scenes, animated GIFs sampai social media updates. Format video yang dulu di nomorduakan kini takes center stage seiring dengan cepatnya informasi bisa disiarkan melalui Internet. Sangatlah penting bagi kita (dan karir kita tentunya!) untuk aware akan hal ini dan mempersiapkan diri kita agar bisa memanfaatkan perubahaan dalam industry ini sebaik-baiknya.

Are you ready for the new age?