VISIONARE

Fashion Films

Santika

Indonesia terdiri dari berbagai macam kepulauan dan didalamnya terdapat keberagaman suku, agama, ras dan budaya yang kemudian menjadi identitas bangsa.

Bersikap tenang serta berhati-hati, bertujuan untuk menumbuhkan toleransi serta memberikan kesempatan kepada orang lain mengutarakan pendapat tanpa adanya diskriminasi. Menumbuhkan toleransi berarti melatih diri untuk mencoba memberikan ruang kepada pikiran dan hati untuk menyaring informasi secara teliti, jika ditarik mundur mengacu pada pemikiran yang mendasar, keberagaman sudah ada pada setiap individu kemudian dipersatukan dengan norma yang berlaku untuk mencapai tatanan kehidupan bersama yang ideal dengan nilai kebaikan. 

Seiring berkembangnya teknologi dalam menerima informasi yang beragam apakah setiap individu masih memiliki sikap tenang untuk menyelesaikan permasalahan? Apakah keberagaman telah membentuk kelompok yang membeda-bedakan identitas dalam tatanan sosial serta menimbulkan permasalahan karena kurangnya riset yang komprehensif? Bukankah seharusnya keberagaman itu sendiri tidak didominasi oleh kelompok mayoritas yang secara serentak menyuarakan persatuan dengan berafiliasi pada kepentingan pribadi? Keberagaman tidak menjamin seseorang menjadi baik, tidak beragam juga tidak menjamin seseorang menjadi buruk, melainkan bagaimana sikap seseorang terhadap sesama. 

Credit/Contributor

ALAN MAHIRMA LARS